Action Research: PEMBERIAN TUGAS MEMBUAT PETA KONSEP (MIND MAPPING) MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 7 (TUJUH) SMP NEGERI 3 KOTAWARINGIN LAMA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015






PEMBERIAN TUGAS MEMBUAT PETA KONSEP (MIND MAPPING) MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 7 (TUJUH) SMP NEGERI 3 KOTAWARINGIN LAMA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015


Oleh
Anisyah Indriastuti, S.Pd. Si.*
(Guru SMP Negeri 3 Kotawaringin Lama)
NIP 19850918 201001 2 028

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan sebagai bentuk peningkatan proses dan evaluasi terhadap pembelajaran di kelas. Pemberian tugas membuat peta konsep (mind mapp) diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar (kognitif) siswa Kelas 7 SMPN 3 Kotawaringin Lama Semester I Tahun Pembelajaran 2014/2015 pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup.
Subyek penelitian adalah siswa kelas 7 (Tujuh) dengan jumlah siswa 11 orang, yang terdiri dari 7 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas ( classroom action research). Data Kuantitatif didapatkan dari nilai ulangan harian setiap siklus sedangkan data kualitatif didapatkan dari pengamatan, angket dan observasi pada saat pelaksanaan siklus. Data kuantitatif dianalisis dengan analisis deskriptif komparatif sedangkan data kualitatif dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata kelas meningkat dari 51,82 pada siklusI menjadi 68,45 pada siklus II. Jumlah siswa yang lulus KKM juga meningkat, dari 36,7% pada siklus I menjadi 81,8 % pada siklus II. Peningkatan keaktifan belajar dilihat dari keaktifan dalam diskusi kelompok, bertanya, menjawab, melengkapi jawaban dan presentasi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pemberian tugas peta konsep (mind mapping), dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa.

Kata kunci : Pemberian Tugas, Peta Konsep (Mind Mapp), Hasil Belajar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

Siklus Wilson