Action Research: PEMBERIAN TUGAS MEMBUAT PETA KONSEP (MIND MAPPING) MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 7 (TUJUH) SMP NEGERI 3 KOTAWARINGIN LAMA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
PEMBERIAN TUGAS
MEMBUAT PETA KONSEP (MIND MAPPING)
MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 7
(TUJUH) SMP NEGERI 3 KOTAWARINGIN LAMA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Oleh
Anisyah
Indriastuti, S.Pd. Si.*
(Guru SMP Negeri 3 Kotawaringin Lama)
NIP 19850918
201001 2 028
ABSTRAK
Penelitian
ini dilakukan sebagai bentuk peningkatan proses dan evaluasi terhadap
pembelajaran di kelas. Pemberian tugas membuat peta konsep (mind mapp) diharapkan dapat meningkatkan
hasil belajar (kognitif) siswa Kelas 7 SMPN 3 Kotawaringin Lama Semester I
Tahun Pembelajaran 2014/2015 pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup.
Subyek
penelitian adalah siswa kelas 7 (Tujuh) dengan jumlah siswa 11 orang, yang
terdiri dari 7 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian tindakan kelas ( classroom action research). Data Kuantitatif didapatkan dari nilai
ulangan harian setiap siklus sedangkan data kualitatif didapatkan dari
pengamatan, angket dan observasi pada saat pelaksanaan siklus. Data kuantitatif
dianalisis dengan analisis deskriptif komparatif sedangkan data kualitatif
dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil
penelitian didapatkan bahwa rata-rata kelas meningkat dari 51,82 pada siklusI
menjadi 68,45 pada siklus II. Jumlah siswa yang lulus KKM juga meningkat, dari
36,7% pada siklus I menjadi 81,8 % pada siklus II. Peningkatan keaktifan
belajar dilihat dari keaktifan dalam diskusi kelompok, bertanya, menjawab,
melengkapi jawaban dan presentasi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa
pemberian tugas peta konsep (mind mapping),
dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa.
Komentar
Posting Komentar